Tuesday, March 1, 2016

Kereta Gantung Siring Akan Jadi Objek Wisata Sungai Kota Banjarmasin

Setelah menata bantaran sungai Martapura dengan siring, Pemerintah kota akan terus menggenjot sektor wisata Banjarmasin khususnya sungai di tahun 2016 ini. Anggaran sebesar Rp 18 miliar telah disiapkan untuk mengembangkan wisata sungai di Banjarmasin.

Pertunjukkan Screen Water of The River saat malam tahun baru 2015-2016 lalu menjadi bentuk keseriusan pemerintah kota Banjarmasin dalam memperhatikan sektor wisata sungai di Banjarmasin. Permainan air mancur, laser, dan sound system di kawasan Siring Piere Tendean ini menjadi yang pertama kalinya di Kalimantan, atau kedua di Indonesia setelah Bali.

Tidak hanya pertunjukkan Screen Water of The River yang rencananya akan rutin menjadi agenda wisata Banjarmasin. Sejumlah proyek sektor pariwisata sungai juga sudah dipersiapkan oleh Pemkot sepanjang 2016 nanti, mengingat kota Banjarmasin cukup minim kunjungan dari kalangan wisatawan dibanding para pebisnis.

Wali Kota terpilih Banjarmasin, Ibnu Sina mengungkapkan, pihaknya merencanakan pembangunan fasilitas wisata kereta gantung tahun depan di sepanjang Siring Jalan Piare Tendean, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas, jadi pariwisata sungai tidak hanya bertumpu pada restoran terapung.

Pemerintah kota terus berupaya agar suasana wisata siring sungai Martapura lebih lengkap dengan banyaknya fasilitas penunjang wisata, ujar Ibnu Sina.

Lanjut Ibnu, untuk lebih meningkatkan animo wisatawan nasional dan manca negara, Pemkot bakal memanfaatkan expo wisata di tiap daerah seperti di Bali dan Yogyakarta, dengan gencar mempromosikan siring Tandean. Denyamanan pengunjung tetap menjadi perhatian utama, seperti soal kebersihan, ketertiban parkir, dan fasilitas penunjang lainnya.
Protected by Copyscape Unique Content Checker